PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Kelas/semester : VII / II (Genap)
Tahun
ajaran : 2021 / 2022
Pertemuan :
Kompetensi
dasar : KD 4.11 Menceritakan
kembali isi fabel/legenda daerah setempat
Materi ajar : Menceritakan kembali isi fabel
Materi
Pembelajaran
A. Menceritakan Kembali Isi Fabel
Fabel diceritakan bukan dengan
tujuan mengihibur semata, juga sebagai
media pendidikan moral karena di dalamnya terselip nilai moral. Hal-hal yang
perlu di perhatikan saat menceritakan kembali isi fabel kepada orang lain
sebagai berikut.
1. Membaca secara Keseluruhan Isi Cerita
Membaca keseluruhan berkaitan dengan
pencarian makna yang terkandung dan pesan moral dalam cerita. Membaca dengan
seksama akan mempermudah dalam menemukan nilai-nilai atau amanat-amanat dalam
cerita.
2. Mencatat Tokoh dan Penokohan dalam Cerita
Tokoh merupakan penggerak alur. Tanpa
tokoh, alur tidak akan pernah sampai pada bagian akhir cerita. Ada tiga tokoh
dalam menggerakkan alur, yaitu tokoh sentral, tokoh bawahaan, dan tokoh latar.
3. Mencatat Latar atau Setting Cerita
Latar atau setting merupakan
penggambaran tempat, waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa
dalam cerita. Pada cerita fabel, latar tempat yang sering digunakan adalah
hutan.
4. Mencatat Alur Cerita
Alur merupakan tahapan cerita secara
urut. Alur dimulai dari pengenalan tokoh hingga penyelesaian masalah.
5. Mencatat Gagasan Pokok Cerita
Gagasan pokok adalah gagasan yang
ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Menemukan gagasan pokok dapat dilatih
dan dikembangkan sehingga menangkap inti bacaan menjadi tepat, akurat, dan
cermat.
Sumber materi :
1. Buku Bahasa Indonesia Kelas VII, Kemendikbud (revisi 2016)
Komentar
Posting Komentar