KD 4.11 Menceritakan Kembali Isi Fabel

 PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

 

Kelas/semester           : VII / II (Genap)

Tahun ajaran              : 2021 / 2022

Pertemuan                 :

Kompetensi dasar        : KD 4.11 Menceritakan kembali isi fabel/legenda daerah setempat

Materi ajar                 : Menceritakan kembali isi fabel

 

Materi Pembelajaran


 

A. Menceritakan Kembali Isi Fabel

Fabel diceritakan bukan dengan tujuan mengihibur semata,  juga sebagai media pendidikan moral karena di dalamnya terselip nilai moral. Hal-hal yang perlu di perhatikan saat menceritakan kembali isi fabel kepada orang lain sebagai berikut.

 

1. Membaca secara Keseluruhan Isi Cerita

Membaca keseluruhan berkaitan dengan pencarian makna yang terkandung dan pesan moral dalam cerita. Membaca dengan seksama akan mempermudah dalam menemukan nilai-nilai atau amanat-amanat dalam cerita.

2. Mencatat Tokoh dan Penokohan dalam Cerita

Tokoh merupakan penggerak alur. Tanpa tokoh, alur tidak akan pernah sampai pada bagian akhir cerita. Ada tiga tokoh dalam menggerakkan alur, yaitu tokoh sentral, tokoh bawahaan, dan tokoh latar.

3. Mencatat Latar atau Setting Cerita

Latar atau setting merupakan penggambaran tempat, waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa dalam cerita. Pada cerita fabel, latar tempat yang sering digunakan adalah hutan.

4. Mencatat Alur Cerita

Alur merupakan tahapan cerita secara urut. Alur dimulai dari pengenalan tokoh hingga penyelesaian masalah.

5. Mencatat Gagasan Pokok Cerita

Gagasan pokok adalah gagasan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Menemukan gagasan pokok dapat dilatih dan dikembangkan sehingga menangkap inti bacaan menjadi tepat, akurat, dan cermat.

 

 

 

Sumber materi :

1. Buku Bahasa Indonesia Kelas VII,  Kemendikbud (revisi 2016)

2. Modul Pengayaan Bahasa Indonesia Kelas VII – 2, Putra Nugraha

Komentar